Thursday, May 16, 2019

Biar Gak Kesiangan, Ini 5 Tips Sederhana Biar Bisa Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan

Biar Gak Kesiangan, Ini 5 Tips Sederhana Biar Bisa Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan Ramadhan, bulan penuh pengampunan. Sudah 10 hari sejak Ramadhan datang, hayo ngaku sudah bolong berapa hari puasanya? Mbak Cupid sih, berharap kalian semua masih semangat menjalankan ibadah puasanya ya. Jangan lupa juga menambahkan ibadah yang lainnya seperti Shalat Tarawih dan Tadarus di Masjid.

Memasuki bulan Ramadhan pastinya ada beberapa kebiasaan yang harus diubah, seperti makan di siang hari dan siklus tidur yang berubah total. Karena selama sebulan penuh kalian harus bangun dini hari untuk makan sahur. Siapa nih, yang masih suka malas bangun buat makan sahur, atau bahkan tidak pernah ikut makan sahur. Padahal selain sunnah makan sahur juga sangat penting loh, karena makan sahur menjadi pengganti sarapan di pagi hari yang akan membuat kamu kuat menahan lapar saat berpuasa seharian.



Nah, berikut ini adalah tips sederhana biar gak kesiangan saat bangun untuk makan sahur. Di simak ya!

1. Menanamkan Niat Kuat Untuk Bangun di Jam Sahur Nanti



Niat yang kuat dan sungguh-sungguh bisa menjadi alarm alami yang akan membangunkan kamu di jam sahur nanti, jadi sebelum tidur jangan lupa untuk menanamkan niat dalam hati bahwa kamu harus bangun untuk sahur. Niat ini bisa kamu selipkan setelah membaca niat puasa Ramadhan, dijamin deh kamu akan terjaga pada saat sahur tiba.

2. Tidur Lebih Awal



Bangun dini hari untuk makan sahur menjadi salah satu masalah yang paling pelik bagi kamu yang suka tidur di atas jam 11 malam, untuk itu selama bulan Ramadhan ini coba paksa diri kamu untuk tidur lebih awal dari jam biasanya agar tidak kesiangan saat bangun sahur. Selain itu jangan lupa untuk menyempatkan tidur siang paling tidak selama 30 menit untuk menjaga stamina biar tidak kelelahan.

3. Mengatur Alarm



Buat kamu yang selalu susah untuk bangun di pagi hari apalagi di waktu sahur, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang alarm. Kamu bisa mengatur alarm sesuai dengan kebutuhan misalnya hanya sekali dering atau berkali-kali dering, khusus untuk kamu yang sulit untuk bangun, karena setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhan yang berbeda-beda.

4. Menyiapkan Menu Favorit Untuk Makan Sahur



Biar lebih semangat saat bangun sahur, kamu bisa tuh menyiapkan menu makanan favorit sebelum tidur biar makin semangat untuk bangun dan bisa menjadi salah satu motivasi, karena percaya atau tidak banyak orang yang malas bangun sahur karena kurang bersemangat dengan menu sahur mereka. Jadi mulai sekarang kamu bisa mulai bikin list untuk menu daftar sahur favorit kamu.

5. Minta Tolong Seseorang Untuk Membangunkan



Jika alarm dirasa tak cukup ampuh untuk membangunkamu, kamu juga bisa tuh meminta tolong seseorang untuk membantu membangunkanmu. Kamu bisa meminta tolong Ibu atau anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa kok minta tolong si dia untuk membangunkamu saat sahur tiba, caranya dengan menghubungimu melalui telepon. Dering smartphone kamu bisa jadi alarm yang bakal bikin semangat untuk bangun, terutama karena ada panggilan dari si dia, cie cie.


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan biar gak malas bangun untuk sahur, selain sunnah makan sahur juga bisa bikin kamu semangat menjalani ibadah puasa seharian. Jadi gak ada tuh alasan mager karena lagi puasa.

Yuk, bikin bulan Ramadhan menjadi lebih bermakna!

Bagikan

Jangan lewatkan

Biar Gak Kesiangan, Ini 5 Tips Sederhana Biar Bisa Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
May 16, 2019 at 12:46 AM

Tidur lebih awal nih yang agak susah, hahaha... Seringnya lembur malam cari sesuap nasi. Wkwkwk.

Reply
avatar
May 16, 2019 at 1:53 AM

kalau aku sih sekalian nggak tidur kak hehe

Reply

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!