Friday, January 25, 2019

Menarik, Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari Coretan Gambarnya


Info Penting
Keisengan menggambar di sela-sela kesibukan, ternyata menyimpan makna tersembunyi dan jarang diketahui. Coretan gambar yang dilakukan secara spontan berasal dari alam bawah sadar. Tidak heran jika coretan gambar dijadikan alternatif untuk mengungkap kepribadian seseorang atau masuk dalam daftar psikotes.

Menurut Ruth Rostron, seorang ahli analis goresan tangan sekaligus wakil ketua British Institute of Graphologist, menyatakan bahwa goresan acak yang dilakukan ketika sedang jenuh atau suntuk, dapat menggambarkan kondisi perasaan seseorang.

"Orang sensitif, mendambakan keharmonisan dan kasih sayang cenderung mengaplikasikan garis-garis melengkung. Sedangkan kotak beserta garis lurus sering digunakan oleh orang bersifat praktis. Orang ambisius menyukai sudut, zig-zag, dan segitiga. Lain dengan orang yang ragu-ragu, goresan tampak lebih ringan atau samar".

Beberapa bentuk coretan gambar di bawah ini memiliki arti tersendiri:

1. Benda Langit

Gambar benda langit memiliki makna optimisme, banyak harapan, ambisi serta pembuktian atau pengakuan diri. Benda langit layaknya matahari dan awan, pertanda bahwa suasana hati sedang membaik (positif).

Berbeda dari benda langit sebelumnya, bentuk bintang mempunyai arti lebih luas. Sebuah bintang berukuran besar dan penuh hiasan, menggambarkan tujuan yang jelas. Bintang kecil menunjukkan sifat optimis, namun jumlah yang terlalu banyak diartikan tanda depresi.

2. Nama

Coretan nama bisa berupa hand lettering dan tanda tangan. Ketika menggoreskan nama atau tanda tangan secara berulang-ulang dalam keadaan stres maupun bosan, disinyalir tengah mengalami krisis kepribadian dan tidak mempunyai tujuan hidup.
Disamping itu, coretan nama dapat ditafsirkan suka menjadi pusat perhatian dan memikirkan diri sendiri. Jika coretan hanya tertera nama depan, artinya ingin hidup mandiri.

3. Makanan

Menggambar makanan mempunyai tiga makna, yaitu membutuhkan cinta, menaruh minat terhadap sesuatu dan berharap keinginan bisa terpenuhi.

4. Bunga

Diartikan sebagai penyuka alam, feminim, ingin tumbuh, berkembang dan bermanfaat bagi kehidupan. Banyak bunga atau suatu rangkaian bunga, menggambarkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Bunga yang digambar bersama bagian tumbuhan lainnya, menggambarkan sisi sensitif, hangat, terbuka dan menjunjung tinggi kemanusiaan.

Bagian kelopak bunga yang melengkung dan lembut, identik dengan keramahan dan menaruh minat terhadap aktivitas fisik, seperti olahraga. Jika bentuk kelopak di bagian ujung mengecil atau runcing, menunjukkan sosok yang terkesan dingin namun menyembunyikan ketulusan hatinya. Bentuk bunga layu, berarti sedang diselimuti kekhawatiran.

5. Manusia

Ada banyak hal yang bisa dibaca dari objek manusia, diantaranya wajah, ekspresi, mata sampai penggambaran tokoh tertentu. Ekspresi wajah mengungkapkan suasana hati si penggambar. Jika menggambar sosok tokoh idola menunjukkan bahwa si penggambar mengalami kondisi kurang aman dan tidak sanggup memikul beban masalah.

Selain itu, wajah buruk menandakan kecenderungan seseorang memiliki pikiran negatif, pesimis, mudah curiga dan senang melihat keburukan orang lain. Sebaliknya, wajah cantik atau rupawan menggambarkan pribadi postif, optimis, mampu melihat kelebihan setiap individu, empati, ramah, baik serta penuh kasih sayang.

Ketika seseorang menggambar wajah dengan mata tertutup, berarti enggan melihat ke dalam diri sendiri. Mata besar menunjukkan pribadi terbuka akan hal-hal baru. Mata kecil menggambarkan pribadi yang tertekan, karena merasa diawasi.

6. Panah

Bentuk panah dapat menunjukkan agresif dan tingkat ambisius. Arah tanda panah juga memiliki arti berbeda-beda. Panah mengarah ke kiri berarti suka mengenang masa lalu. Tanda panah ke kanan lebih berorientasi masa depan. Apabila panah mengacu pada sebuah objek, berarti ada rasa marah atau penasaran dengan objek tersebut.

7. Binatang

Mengenai bagaimana seseorang memandang serta mengenali diri sendiri. Bila seseorang berulang kali menggambarnya, orang tersebut sedang membandingkan dirinya dengan binatang itu sendiri. Terdapat makna berbeda-beda berdasarkan jenis binatang yang digambar:

Kucing: menggambarkan sifat ramah dan sensitif.

Burung dan binatang terbang lainnya: tingkat imajinasi tinggi, banyak pertimbangan, kasih sayang serta suka kebebasan.

Harimau dan Serigala: memiliki amarah atau sesuatu yang terpendam.

Binatang kecil: lemah, pasif, menyembunyikan rasa takut, introvert dan kurang percaya diri.

Binatang liar: tegas dan agresif.

Anjing: suka bermain.

Binatang bergerak lambat: seperti kura-kura dan siput mencerminkan individu yang hobi merenung.

8. Abstrak, Pola Rumit dan Detail

Abstrak menunjukkan kesulitan konsentrasi dan tegang. Di sisi lain, bentuk pola rumit dan rinci cenderung digambar oleh tipe kepribadian introvert, terobsesi dan enggan melempaskan ambisi atau orang yang disayangi.

9. Pohon

Pohon menggambarkan ego dan ambisi. Tipe pohon berdaun lebat serta berbuah berarti mengharapkan cinta dan keturunan. Bentuk pohon gersang, hanya berwujud tangkai atau layu menandakan depresi serta tidak memiliki semangat hidup.

Menggambar batang pohon berkaitan dengan kontrol diri. Batang lebar menandakan pribadi yang rendah hati dan tenang, melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Bentuk batang ramping menunjukkan sifat fleksibel dan berpikiran terbuka.

10. Rumah

Bentuk rumah melambangkan tanggapan seseorang terhadap lingkungan keluarga (keadaan rumah). Kehidupan keluarga yang kurang bahagia diwujudkan dalam bentuk rumah asimetris serta tidak ada jendela maupun dekorasi lain. Rumah dengan cerobong asap, mencerminkan suasana bahagia di rumah.

Coretan gambar di sela-sela waktu luang, bukan sekadar goresan tanpa makna. Orang yang percaya diri biasanya menggambar objek dalam bentuk besar dan memenuhi media gambar (kertas). Sedangkan coretan gambar kecil cenderung lebih suka melakukan obsevasi daripada terlibat.

Kira-kira coretan apa yang terakhir kali kamu buat?

Semoga bermanfaat..

Bagikan

Jangan lewatkan

Menarik, Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari Coretan Gambarnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
January 27, 2019 at 10:22 PM

kalau yang lukisan abstrak, kepribadiannya bagaimana?

Reply
avatar
February 6, 2019 at 5:18 AM

kalau ga pernah gambar gimana yah...
soalnya biasnya desain pakai corel sama photoshop hehehe
kunjungi juga website saya di
www.kirimartikel.com yah !!!

Reply

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!