Saturday, October 20, 2018

Negara Dengan Tradisi Halloween Terunik Di Dunia


Info Penting
Bulan Oktober merupakan bulan yang paling ditunggu oleh masyarakat dari beberapa Negara. Pasalnya pada bulan ini, biasanya dilaksanakan tradisi Halloween oleh beberapa Negara yang ada di dunia. Halloween sendiri identik dengan kostum hantu yang serem dan unik, permen, coklat hingga labu yang dihias sedemikian rupa, menyerupai wajah hantu atau lucu.

Tradisi Halloween sangat melekat dengan Negara Paman Sam, Amerika Serikat. Namun ternyata tak hanya Amerika Serikat saja loh, yang memiliki tradisi Halloween. Ada beberapa negara di dunia yang juga memiliki tradisi Halloween paling unik dan nyeremin.

Penasaran negara mana saja yang memiliki tradisi Halloween selain Amerika Serikat? Nih, Mbak Cupid sudah merangkumnya untuk kalian semua.


Negara Dengan Tradisi Halloween Terunik Di Dunia




China

Perayaan Halloween di China tak kalah meriah dengan di Amerika Serikat. Dikenal dengan istilah Teng Chieh. Dalam perayaan ini masyarakat China sangat percaya jika keluarga dan sanak saudara mereka yang telah meninggal, akan kembali pulang ke rumah. Itu sebabnya masyarakat China akan meletakkan berbagai macam makanan dan minuman di depan foto mendiang pada hari tersebut. Selain itu, masyarakat China akan menyalakan lampu atau lampion dan memasangnya di sepanjang jalan menuju rumah mereka dan percaya bahwa cahaya tersebut akan menjadi jalan penerang dan petunjuk bagi mendiang untuk pulang ke rumah.

Masyarakat China juga merayakan festival The Feast of Hungry Ghost yang menurut kepercayaan masyarakat setempat, arwah yang telah meninggal akan kembali ke bumi untuk mencari kasih sayang selama bulan ke tujuh di dalam kalender Lunar. Untuk itu, masyarakat China, terutama anggota keluarga yang masih hidup akan memberikan hadiah berupa kertas yang menyerupai barang favorit arwah mendiang, makanan dan uang, yang kemudian akan mereka bakar pada malam festival tersebut. Karena Masyarakat percaya barang-barang tersebut dapat digunakan untuk membiayai kehidupan mereka di alam sana.

Austria

Di Austria tepatnya di Pulau Rezer, perayaan Halloween merupakan hari libur yang cukup khidmat. Sebab pada hari Halloween di sini dirayakan sebagai All Saint's Day, yakni hari libur yang didasarkan pada kayakinan Khatolik dan dirayakan mulai 30 Oktober hingga 8 November. Selama perayaan, gereja-gereja setempat akan melakukan upacara keagamaan dan setelah upacara selesai masyarakat akan mengunjungi makan anggota keluarga mereka untuk menghiasnya dengan bunga dan lampion sebagai tanda penghormatan bagi mereka yang telah berpulang terlebih dahulu.


Pada perayaan Halloween ini, masyarakat pulau Rezer juga akan mengadakan festival labu yang dikenal dengan istilah K├╝rbisfest im Retzer Land.

Meksiko

Pada tanggal 31 Oktober penduduk Meksiko mempercayai bahwa anggota keluarga mereka yang telah meninggal akan pulang dan mengunjungi mereka dan akan kembali ke dunianya pada 2 November. Hal ini membuat masyarakat Meksiko menghiasi rumahnya dan menyediakan berbagai macam makanan untuk menyambut arwah mendiang pada hari yang disebut dengan dia de los muertos atau Day of the dead.

Selain itu, Mayarakat Meksiko sangat mengerti bagaimana caranya berpesta, mereka akan turun ke jalanan dengan berbagai macam kostum Halloween terbaik mereka. Selain Meksiko, Spanyol juga merayakan tradisi Halloween yang sama.


Menurut kamu, tradisi Halloween dari negara mana yang paling unik? Kalau Mbak Cupid sih, nggak suka Halloween. Serem...

Bagikan

Jangan lewatkan

Negara Dengan Tradisi Halloween Terunik Di Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 komentar

Tulis komentar
avatar
October 20, 2018 at 8:45 PM

Saya lebih suka tradisi hollowen yang di china, tidak begitu menyeramkan tapi justru menambah keindahan. Lampu lampionnya ini lo, sangat menarik jadinya.

Reply
avatar
October 20, 2018 at 9:39 PM

kalau tahun 90-an yang silam saya sering nonton film halloween negara barat gitu deh, gak menyangka perayaan halloween sekarang berkembang ke beberapa negara asia.

Reply
avatar
October 20, 2018 at 10:01 PM

Di korea sini juga mulai banyak aksesori" tentang haloween gtuuu mbak, hehehe tp kalau saya pribadi ndak begitu suka soalnya serem hahaha dan yaaah kurang ada maknanya. just for fun kan yaa, makasih sharingnyaa mbaak :D

Reply
avatar
October 21, 2018 at 5:19 AM

di amerika kayaknya lebih horor mbak :D

Reply
avatar
October 21, 2018 at 7:51 PM

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana horornya kalau satu kota di hiasi dengan kostum-kostum seram mirip hantu gitu, jadi gak bisa bedain kan kalau di antara mereka ada yang beneran wkwkwk :D

Reply
avatar
October 21, 2018 at 9:50 PM

Aku pengen banget dtg ke suatu negara pas halloween & merasakan euforianya disana, pasti seru banget ya, di Indo kan ga seseru mereka yg merayakannya.

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:36 PM

apalagi pas bakar-bakarannya ya om. bakar uang, bakar barang dan lain lain yang dari kertas. kaya ada api unggun di mana-mana

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:38 PM

sekarang lagi banyak tuh om, film horror di bioskop tinggal pilih mau nonton yang mana. sebenarnya kalau di negara asia udah lama sih, udah tradisi dari turun temurun sejak ratusan tahun juga cuma sekarang jadi makin terkenal karena dianggap halloween juga.

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:39 PM

iya sih, just for fun aja. eh kemarin di korsel kan ada tradisi chuseok ya. sebenarnya itu tradisi apa sih? ada yang bilang itu mirip thanksgiving di amerika selatan mbak, tapi ada yang bilang chuseok juga tradisi halloween karena menyediakan makan untuk arwah yang udah meninggal.

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:40 PM

di amerika emang paling meriah bang.

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:41 PM

wah aku nggak sampe mikirin itu sih mbak. tapi iya sih, serem juga ya. duh....

Reply
avatar
October 21, 2018 at 10:41 PM

di indo mungkin yang mirip halloween kaya suroan gitu ya hehe. mirip nggak sih.

Reply
avatar
October 27, 2018 at 12:56 AM

halloween ini tradisi budaya barat dan kalo di indonesia nggak ada deh. cuuma kalo di indonesia banyak bermunculan film yg mengusung tema halloween. bahkan ada band dgn nama helloween.

kalo tradisi halloween kayak coklat gitu aku suka, suka coklat je.

Reply

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!