Monday, May 7, 2018

Suka Update Lagu? Aplikasi Berikut akan Membantumu

Diantara kamu mungkin pernah mengalami momen berikut. Momentum dimana kamu sedang berada di suatu tempat, lalu tiba-tiba terdengar lagu yang menurut kamu menarik. Kamu pun mendengarkan secara seksama, namun kamu tidak mendapatkan petunjuk apapun untuk mencari judul lagu tersebut via mesin pencari. 

Terkadang sebagian dari kamu ada yang merasa penasaran dengan lagu yang baru saja kalian dengar. Sayangnya rasa penasaran tersebut terus menghantuimu, hingga berusaha menemukan informasi dengan berbagai cara. Kamu memutuskan untuk bertanya pada orang di sekitarmu. Bisa juga kamu mendengarkan bait demi bait lirik yang dilantunkan dan menangkap petunjuk tertentu. Tetapi cara tersebut belum tentu membuahkan jawaban sesuai keinginan kamu. Bahkan kamu sempat bingung sambil berharap akan datang keberuntungan. 

Nah, sekarang kamu tidak perlu bersusah payah menemukan lagu incaranmu. Aplikasi berikut bisa membantumu menangkap rincian informasi lebih lengkap mengenai lagu-lagu dari berbagai dunia. Dengan bantuan koneksi internet, informasi lagu akan muncul dengan sendirinya. Aplikasi tersebut seperti mesin pencari, hanya saja khusus untuk lagu. 

Aplikasi bernama Shaazam ini, bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Play Store. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya dengan meletakkan ponsel pada sumber suara selama beberapa detik, dan memencet tombol tertentu, maka kamu bisa dapatkan informasi lagu secara rinci, mulai dari judul lagu, nama musisi, lirik hingga video offiicialnya. Sebelumnya pastikan kalian instal terlebih dahulu aplikasinya. 

Berikut detail langkah menggunakan aplikasi Shaazam:  
1. Buka aplikasi Shaazam dan usahakan terkoneksi dengan internet.
2. Arahkan smartphone kamu ke sumber suara, kemudian tekan sekali.
3. Tunggu beberapa detik selama proses pencarian lagu.
4. Setelah selesai, akan muncul beragam informasi mengenai lagu dari sumber suara tadi. 
Informasi yang tersedia berupa nama musisi, judul lagu, video terkait lagu, lirik lagu dan terlebih lagi ada beberapa rekomendasi lagu yang mempunyai korelasi dengan lagu tersebut. Gambar di bawah ini merupakan tangkapan screenshot aplikasi Shazam. 
Dengan begitu, kamu bisa update lagu kapanpun, serta dimanapun kamu berada. Jika dilihat di tempat-tempat pusat perbelanjaan, tempat makan, transportasi umum sampai tempat umum lainnya, seringkali memutar berbagai lagu untuk mencairkan suasana para pengunjung. Bagi kamu yang suka penasaran dengan lagu, aplikasi Shazam memang memudahkanmu, guna menambah list lagu favoritmu. 

Aplikasi Shazam didukung pula oleh aplikasi tertentu, seperti spotify, google play music dan sebagainya. Apabila kamu mempunyai aplikasi spotify, kamu dapat mengunduhnya secara langsung. Disamping itu, lagu yang sudah ditemukan, bisa dimainkan melalui google play music.

Informasi lagu-lagu yang pernah tertangkap oleh aplikasi, nantinya akan tersimpan otomatis dalam sebuah list, sehingga dapat kamu lihat di lain waktu. 

Hal ini mengingatkan pada pengalaman Mbak Cupid, sebelum mengetahui aplikasi Shaazam. Masih kesulitan mencari lagu dengan cara yang cukup lama. Setiap terdengar lagu menarik, namun tidak mengerti judulnya, Mbak Cupid mencoba menebak-nebak lewat potongan lirik di bagian reff. Selanjutnya, menjadikan kata tersebut sebagai kunci untuk melakukan pencarian dengan mesin pencari. Tapi sayangnya, sering tidak beruntung dan banyak membuang waktu. Tidak heran, jika hadirnya aplikasi tersebut semakin memudahkan seseorang dalam menangkap lagu. Hanya dalam sekejap saja, informasi-infomasi lagu muncul seperti yang diharapkan. 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Suka Update Lagu? Aplikasi Berikut akan Membantumu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
July 4, 2018 at 9:54 PM

Biasanya saat di dalam angkutan umum, saya sering mendengarkan lagu tapi tidak tahu judul dan penyanyinya siapa. Wah ternyata kini ada aplikasi baru untuk melacak lagu tersebut.

Reply
avatar
July 4, 2018 at 10:46 PM

Wah keren juga aplikasinya perlu dicoba nih

Reply
avatar
July 4, 2018 at 10:51 PM

Cerdas juga aplikasi ini ...mampu mendeteksi judul lagu hanya berbekal cuplikan suara.
Hebat yaaaa .. 👍

Reply

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!