Sunday, April 22, 2018

Sering Begadang? Lakukan Hal ini Supaya Kamu Tidak Tumbang


Info Penting/Kesehatan
Kesibukan manusia yang kian beragam, seringkali tidak cukup memakan waktu seharian. Maka tidak heran, jika begadang menjadi gaya hidup sebagian orang. Sayangnya, aktivitas satu ini digadang memilki dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. Meski demikian, bukan berarti hal tersebut juga menjadi alasan untuk tidak menjaga daya tahan tubuh. Kamu perlu tips-tips tertentu, supaya kamu tidak mudah tumbang. Tubuh yang senantiasa sehat, akan menghindarkanmu dari berbagai macam penyakit dan tidak begitu kelelahan saat menjalani rutinitas sehari-hari. Kamu bisa membekali aktivitasmu dengan melakukan hal-hal berikut ini: 

1. Konsumsi Madu. 

Saat begadang, stamina kamu akan menurun, sehingga kamu cepat merasa kelelahan. Mengkonsumsi madu setiap pagi hari, sebelum beraktivitas, mampu memberikan tambahan stamina, sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga dan siap menjalankan aktivitas. 

Selain menambah energi, madu mempunyai banyak khasiat, diantaranya meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan demam. Konsumsi madu minimal satu kali setiap hari, dengan cara mencampurkannya ke dalam setengah gelas air putih. 

2. Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari. 

Minum air putih hangat ketika bangun tidur, bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Dengan demikian, racun-racun yang berada dalam tubuh akan keluar dan membuat tubuh lebih sehat. 

3. Konsumsi Makanan Bergizi. 

Hal ini tidak boleh terlewatkan bagi kamu yang sering begadang. Makanan kaya akan serat, vitamin beserta nutrisi penting lainnya, disinyalir banyak berkontribusi terhadap tubuh, terutama pada orang yang terlalu sering begadang. 

Contohnya seperti makanan-makanan yang mengandung vitamin B12, yaitu ikan tuna, ikan salmon, daging sapi dan sebagainya. Vitamin B12 berguna sebagai sumber energi dalam tubuh, sehingga tidak akan terasa lemas, saat disibukkan oleh banyak kegiatan. 

Begadang tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, namun ikut berimbas terhadap kesehatan jiwa. Orang yang keseringan begadang, kurang bisa mengendalikan mood dan seringkali berujung emosi tinggi. Asupan makanan berupa buah-buahan bisa digunakan untuk menstabilkan mood. 

Disamping menjaga asupan yang diperlukan tubuh, kamu juga perlu mengurangi konsumsi beberapa makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi. Apabila kamu ingin memakan makanan manis atau berkarbohidrat, setidaknya mengambil porsi makanan tersebut secukupnya saja. Terlalu banyak zat gula dan karbohidrat, mampu menyebabkan rasa kantuk berlebihan. Kamu dapat mengkonsumsi makanan berprotein seperti kacang-kacangan. 

4. Manfaatkan Waktu Luang.

Apabila kamu memilki waktu luang di tengah padatnya kesibukanmu, alangkah baiknya memanfaatkan waktu tersebut untuk istirahat sejenak. Kamu bisa pula meregangkan otot-otot tubuh supaya tidak terasa kaku dan melancarkan peredaran darah. 

Tidur siang bisa berperan sebagai cadangan waktu tidur, sehingga memungkinkan kamu dapat terjaga di malam hari. Agar tidak mengantuk 

Begadang memang tidak baik jika dilakukan secara terus menerus, tetapi ada profesi atau kegiatan tertentu yang mengharuskan seseorang lembur. Walaupun lembur, sempatkan waktu ekitar untuk tidur berkualitas. Tidur berkualitas tidak bergantung pada durasi waktu tidur. Biasanya kamu akan merasa lebih segar ketika bangun dari tidur yang nyenyak.

Disamping itu, jika kamu selalu menyediakan kopi guna mengusir rasa kantuk, hindari minum kopi berlebihan, karena bisa mengakibatkan tekanan darah meninggi. Kamu bisa menggantinya dengan kacang, minuman jahe, dan buah-buahan.

Suhu udara malam yang identik dingin, bisa membuat tubuhmu rentan terkena masuk angin. Membawa perlengkapan jaket, minyak telon serta aroma terapi, akan membantu menghangatkan tubuh, sehingga terhindar dari penyakit tersebut. Semoga tips-tips dari Mbak Cupid ini, dapat bermanfaat untuk kamu yang suka begadang.


Bagikan

Jangan lewatkan

Sering Begadang? Lakukan Hal ini Supaya Kamu Tidak Tumbang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!