Saturday, February 10, 2018

Cara Ampuh Menganalisa Kompetitor Usaha


Info Penting/Bisnis
Dalam menjalankan sebuah bisnis, akan ada banyak kompetitor yang saling bersaing memberikan produk yang lebih bagus lagi dari pada yang lain. Sehingga memunculkan banyaknya kompetitor usaha. Apa sih, kompetitor itu? Kompetitor adalah seseorang yang melakukan kompetisi atau persaingan di dalam sebuah kelompok besar. Jangan terlalu fokus dengan kompetitor lain. Karena anda juga harus memperhatikan perkembangan usaha yang anda miliki. Meskipun nantinya produk yang akan dikeluarkan agak mirip. Tapi bagaimana caranya produk yang anda tawarkan lebih berkualitas dan cepat laku. Jika anda hendak terjun ke dunia bisnis, anda akan mendapati begitu banyak pesaing. Anda sebagai peserta kompetitor harus dapat mengendalikan kinerja lawan. Persaingan di dunia bisnis itu wajar. Namun, anda sebagai pengusaha harus mengetahui bagaimana cara analisa kompetitor usaha sebagai bekal anda, agar dapat mengimbangi pesaing anda dalam menjalankan usaha. 

Mempertahankan pelanggan agar tetap memilih produk kita tentu tidaklah mudah. Kompetitor lainnya pasti akan menggunakan banyak cara untuk merebut pelanggan anda. Anda sebagai pengusaha harus mampu mengontrol gerak-gerik pesaing. Tentunya anda sebagai atasan pasti memiliki kaki-tangan. Jadi, anda tidak perlu bersusah payah memperhatikan perkembangan kinerja lawan. Carilah orang yang benar-benar dapat dipercaya.

Beberapa Efektif Cara Untuk Membuat Usaha Anda Lancar :


1.    Pilih tempat yang strategis karena sangat penting untuk membuka usaha.
2.    Memiliki pegawai yang jujur dan dapat diandalkan dalam situasi apapun.
3.  Produk yang dijual pastikan banyak diminati konsumen. Produk yang bermutu banyak dicari dari pada harga murah tapi kualitasnya buruk.
4.      Selalu meng-update produk-produk terbaru.
5.   Pastikan produk yang anda jual terjamin kelengkapannya. Agar pelanggan anda tidak memilih produk dari pesaing anda.
6.     Berikan harga yang terjangkau.
7.  Memberikan pelayanan yang baik tentu mempengaruhi konsumen untuk dapat kembali membeli produk kita.
 


Dengan cara di atas, anda dapat mengatasi pesaing anda sendiri. Jangan sampai anda lalai. Mereka akan selalu mencari cara untuk menjatuhkan usaha anda. Namun, anda juga memiliki hak untuk menjatuhkan lawan dengan cara bersaing yang sehat. Itulah gunanya analisa kompetitor usaha. Menganalisa kompetisi dalam sebuah perusahaan bisa membangkitkan semangat anda untuk terus berusaha dan dapat menghindari kegagalan. 



Anda harus bisa mendefinisikan bagaimana  kompetitor bersaing. Caranya adalah :

1.   Kenali lawan kompetitor. Dimana kompetitor tersebut sangat berpengaruh untuk perusahaan anda. Jangan sampai perusahaan anda kalah saing.
2.   Mencari tahu lokasi lawan kompetitor anda berada. Dengan cara ini, anda akan mengetahui lokasi yang mereka tempati. Apakah tempat tersebut mempengaruhi perusahaan anda atau bisa mengambil alih pelanggan anda.
3.   Mencari tahu produk yang sedang booming di pasaran. Agar menjadi rekomendasi untuk pelanggan. Supaya dapat mempengaruhi kemajuan dan berkembangnya suatu perusahaan.
4.   Berikan pelayanan yang ramah pada setiap konsumen. Agar mereka lebih antusias untuk membeli produk yang anda tawarkan.
5.    Mengutamakan kepuasan pelanggan. Karena mereka yang menikmati produk anda.

Dari cara  analisa kompetitor usaha yang dibahas di atas. Semoga bisa membantu anda menjadi pengusaha yang bijak dalam melakukan bisnis dengan bersaing secara sehat. Dibekali dengan pengalaman yang anda miliki nantinya perusahaan yang anda kelola bisa berkembang pesat dan banyak dikenal masyarakat luas. Dengan melakukan langkah-selangkah lebih maju, pastikan anda menerima informasi yang berguna dan menguntungkan untuk usaha anda. Meskipun dengan banyaknya kompetitor yang siap bersaing dengan usaha anda. Jangan khawatir, banyak-banyaklah mencari informasih demi kelangsungan perusahaan.


Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Ampuh Menganalisa Kompetitor Usaha
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
February 13, 2018 at 12:09 AM

Pelayanan yang ramah dan memuaskan pelanggan itu penting walau kadang harga lebih tinggi daripada kompetitor.

Reply

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!