Friday, December 1, 2017

Mendoan Khas Purwokerto



Info Penting/Kuliner
Siapa yang tidak tahu tempe mendoan khas Purwokerto? Salah satu makanan yang berbahan dasar tempe ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh dari khas dari Purwokerto. Tempe mendoan sendiri biasanya disandingkan bersama bakwan mau pun tahu sebagai teman saat ngopi santai di sore hari. Bahkan di Purwokerto sendiri ada kebiasaan meminum secangkir kopi ditemani mendoan biasanya, dan kebiasaan ini di sebut Medang dalam bahasa jawa Ngapak.


Gorengan satu ini merupakan oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang jika anda pergi ke Purwokerto. Walaupun mendoan sendiri sudah banyak dijual di banyak kota di Indonesia, namun tak ada salahnya anda mencoba tempe mendoan khas Purwokerto dan menjadikannya oleh-oleh. Karena mendoan yang asli dari Purwokerto tentu memiliki cita rasa yang berbeda di bandingkan dengan mendoan yang ada di daerah anda.

Mendoan sendiri berasal dari kata mendo yang jika di artikan dalam bahasa Indonesia, artinya setengah matang. Menggoreng mendoan memang seharusnya setengah matang, itu yang akan anda jumpai jika anda membeli dan makan mendoan di Purwokerto.

Dengan menggorengnya secara setengah matang, maka anda akan menemui tekstur dari mendoan yang masih lembek dan sangat enak untuk di nikmati selagi panas. Tempe yang di gunakan sebagai mendoan juga memiliki bentuk yang berbeda. Dengan bentuk pipih dan lebar, biasanya tempe tersebut di bungkus menggunakan daun pisang yang pada umumnya berisi dua lapis.

Namun, ada juga yang menjual tempe mendoan berisi tiga atau lima lapis yang biasanya di produksi untuk penjual mendoan. Anda bisa menjumpai mendoan khas Purwokerto di berbagai warung, kedai maupun angkringan. Tidak sulit untuk menjumpainya, apalagi di waktu sore, cukup banyak anda temui warung tenda yang juga menjual mendoan.

Jika anda berniat menjadikan mendoan sebagai oleh-oleh, anda bisa membawanya secara mentah. Anda bisa menjumpainya di pusat oleh-oleh yang ada di Purwokerto.

Tertarik untuk mencoba tempe mendoan khas Purwokerto?

Bagikan

Jangan lewatkan

Mendoan Khas Purwokerto
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Selamat datang di Blognya Mbak Cupid. Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini? Yuk, kasih tanggapanmu di bawah ini ya!