Thursday, May 16, 2019

Biar Gak Kesiangan, Ini 5 Tips Sederhana Biar Bisa Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan

Biar Gak Kesiangan, Ini 5 Tips Sederhana Biar Bisa Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan Ramadhan, bulan penuh pengampunan. Sudah 10 hari sejak Ramadhan datang, hayo ngaku sudah bolong berapa hari puasanya? Mbak Cupid sih, berharap kalian semua masih semangat menjalankan ibadah puasanya ya. Jangan lupa juga menambahkan ibadah yang lainnya seperti Shalat Tarawih dan Tadarus di Masjid.

Memasuki bulan Ramadhan pastinya ada beberapa kebiasaan yang harus diubah, seperti makan di siang hari dan siklus tidur yang berubah total. Karena selama sebulan penuh kalian harus bangun dini hari untuk makan sahur. Siapa nih, yang masih suka malas bangun buat makan sahur, atau bahkan tidak pernah ikut makan sahur. Padahal selain sunnah makan sahur juga sangat penting loh, karena makan sahur menjadi pengganti sarapan di pagi hari yang akan membuat kamu kuat menahan lapar saat berpuasa seharian.



Nah, berikut ini adalah tips sederhana biar gak kesiangan saat bangun untuk makan sahur. Di simak ya!

1. Menanamkan Niat Kuat Untuk Bangun di Jam Sahur Nanti



Niat yang kuat dan sungguh-sungguh bisa menjadi alarm alami yang akan membangunkan kamu di jam sahur nanti, jadi sebelum tidur jangan lupa untuk menanamkan niat dalam hati bahwa kamu harus bangun untuk sahur. Niat ini bisa kamu selipkan setelah membaca niat puasa Ramadhan, dijamin deh kamu akan terjaga pada saat sahur tiba.

2. Tidur Lebih Awal



Bangun dini hari untuk makan sahur menjadi salah satu masalah yang paling pelik bagi kamu yang suka tidur di atas jam 11 malam, untuk itu selama bulan Ramadhan ini coba paksa diri kamu untuk tidur lebih awal dari jam biasanya agar tidak kesiangan saat bangun sahur. Selain itu jangan lupa untuk menyempatkan tidur siang paling tidak selama 30 menit untuk menjaga stamina biar tidak kelelahan.

3. Mengatur Alarm



Buat kamu yang selalu susah untuk bangun di pagi hari apalagi di waktu sahur, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang alarm. Kamu bisa mengatur alarm sesuai dengan kebutuhan misalnya hanya sekali dering atau berkali-kali dering, khusus untuk kamu yang sulit untuk bangun, karena setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhan yang berbeda-beda.

4. Menyiapkan Menu Favorit Untuk Makan Sahur



Biar lebih semangat saat bangun sahur, kamu bisa tuh menyiapkan menu makanan favorit sebelum tidur biar makin semangat untuk bangun dan bisa menjadi salah satu motivasi, karena percaya atau tidak banyak orang yang malas bangun sahur karena kurang bersemangat dengan menu sahur mereka. Jadi mulai sekarang kamu bisa mulai bikin list untuk menu daftar sahur favorit kamu.

5. Minta Tolong Seseorang Untuk Membangunkan



Jika alarm dirasa tak cukup ampuh untuk membangunkamu, kamu juga bisa tuh meminta tolong seseorang untuk membantu membangunkanmu. Kamu bisa meminta tolong Ibu atau anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa kok minta tolong si dia untuk membangunkamu saat sahur tiba, caranya dengan menghubungimu melalui telepon. Dering smartphone kamu bisa jadi alarm yang bakal bikin semangat untuk bangun, terutama karena ada panggilan dari si dia, cie cie.


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan biar gak malas bangun untuk sahur, selain sunnah makan sahur juga bisa bikin kamu semangat menjalani ibadah puasa seharian. Jadi gak ada tuh alasan mager karena lagi puasa.

Yuk, bikin bulan Ramadhan menjadi lebih bermakna!
Baca selengkapnya

Wednesday, April 10, 2019

Bahaya, Tanda-Tanda Dehidrasi Berikut Seringkali Tidak Disadari


Kondisi tubuh yang kekurangan cairan bisa menimbulkan masalah serius hingga berujung pada kematian. Mengingat tubuh membutuhkan banyak asupan cairan, maka seseorang dianjurkan minum air putih setidaknya 2 liter per hari untuk laki-laki, sementara perempuan perlu 1,6 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Apabila tidak memenuhi, tubuh akan menunjukkan tanda-tanda berikut: 


Baca selengkapnya

Sunday, March 24, 2019

Tak Disangka, 8 Makanan Terkenal Ini Sempat Dianggap Produk Gagal


Seiring perkembangan zaman, semakin banyak variasi makanan yang disuguhkan. Berbicara mengenai makanan, tentunya tidak lepas dari proses pembuatannya. Delapan makanan terkenal ini berawal dari percobaan gagal atau sempat dianggap produk gagal. Namun berkat kegigihan pembuatnya, penemuan makanan tersebut masih banyak ditemukan di masa kini.

Baca selengkapnya

Sunday, March 17, 2019

Adakah Dampak Positif dari Kebiasaan Begadang?



Tetap terjaga hingga larut malam karena harus menuntaskan tugas maupun melakukan aktivitas lainnya, membuat jam tidur seseorang semakin mundur. Disamping itu, sebagian orang sudah terbiasa nyaman bekerja di malam hari. Hal itu menarik perhatian para pakar kesehatan mengenai pola hidup tidak sehat. 

Banyak penelitian mengungkapkan dampak negatif dari kebiasaan begadang bagi kesehatan fisik dan mental. Tetapi beberapa dekade terakhir ini, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa begadang ternyata memiliki sisi positif. Berikut beberapa manfaat begadang: 
Baca selengkapnya

Khasiat Bawang Putih yang Jarang Diketahui


Info Penting/Kesehatan
Bawang putih kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan. Aroma bawang putih yang diolah hingga matang, memang menggugah selera. Namun benda mungil ini lebih kaya manfaat, saat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Kira-kira apa saja khasiat dari bawang putih?

Baca selengkapnya